Cara Menghias Tumpeng Untuk Lomba

Cara Menghias Tumpeng Untuk Lomba

Cara Menghias Tumpeng Untuk Lomba – Biasanya lomba tumpeng diadakan untuk acara peringatan 17 agustusan. Agar sukses untuk menyajikan tumpeng dengan baik dan cantik, Anda bisa mengikuti tipsnya dibawah ini.

Tumpeng merupakan sajian nasi lengkap sebagai bagian dari ritual masyarakat jawa untuk mengucapkan rasa syukur. Jenisnya sangat beragam tergantung pada tujuannya. Nah, jika Anda akan menghias tumpeng dengan baik dan tepat susunannya, ada baiknya Anda perlu perhatikan beberapa tips berikut ini.

5 Cara Menghias Tumpeng Untuk Lomba

Berikutnya dibawah ini ada beberapa tips untuk Anda yang bisa dilakukan untuk menghias Tumpeng dengan baik dan tepat susunannya, cek terus ulasannya ada dibawah ini untuk Anda yang ingin memenangkan lomba tersebut.

  • Mencetak nasi

Sebelum memulai untuk membuat tumpeng, tentukan dulu apakah nasi tersebut nasi putih, nasi gurih atau nasi kuning. Buat nasi kuning dengan sedikit campuran beras ketan agar tumpeng lebih kokoh. Tetapi jika berasnya pulen, lebih baik pakai beras yang pulen agar bisa menambah cita rasa yang terbaik.

Untuk membentuk nasi jadi kerucut, Anda bisa gunakan cetakan kerucut berbagai ukuran yang terbuat dari alumunium, atau gunakan cetakan kue jika akan menyusuk menjadi bertingkat.

  • Pusat perhatian

Selain bentuk tumpeng kerucut tinggi di tengah wadah, tentukan lauk yang bisa dijadikan sebagai pusat perhatian. Berupa ayam ingkung utuh sebagai simbol rasa syukur. Tetapi tingginya sebaiknya tidak melebihi dari tinggi tumpeng.

Puncak tumpeng sebagai pusat perhatian sebaiknya diberi hiasan, bunga cabe atau hiasan daun pisang untuk mempercantik tumpeng agar bisa memenangkan lomba acara yang akan diikuti.

  • Cocokan warna lauk agar kontras

Lauk pauk pada nasi tumpeng umumnya punya warna kecokelatan atau merah tua. Karena itu cobalah buat susunan yang menarik yang mengelilingi kerucut nasi tumpeng tersebut.

Misalnya, ayam goreng dan perkedel, tempe orek merupakan lauk yang memiliki warna serupa, sebaiknya tidaklah disandingkan. Bisa diselingi dengan sayuran yang memiliki warna-warni. Warna-warni yang serasi akan membuat tumpeng menjadi jauh lebih menarik.

  • Hiasan alami secukupnya

Sedapat mungkin gunakanlah hiasan dalam tumpeng dari bahan-bahan yang dapat dimakan. Karena semua lauk dan hiasan akan ditaruh dalam satu wadah dengan nasi tumpeng tersebut.

Buat hiasan dari cabe yang bisa dibentuk bunga atau taburan yang ditaburkan disekeliling nasi tumpeng. Wortel dan lobak yang bisa dibuat agar membentuk angsa, bunga atau burung dan anak ayam. Selain mempercantik, hiasan ini juga aman karena dari bahan yang segar.

  • Cita rasa nasi tumpeng

Sebagian besar nasi tumpeng memakai lauk pauk dengan rasa yang gurih umumnya. Karena itu, usahakan agar tidak berlebihan dalam membubuhi garam. Ini karena nasi kuning didalam tumpeng memakai santan yang juga diberi garam.

Jika perlu, buatlah sambal yang enak sebagai pelengkap tumpeng agar saat dimakan bersama lauk, ada rasa yang tertinggal atau jejak pedas yang enak yang dapat dimakan bersama nasi tumpeng yang bisa Anda dapatkan dengan menambahkan sambel yang enak rasanya.

Nah, mudah bukan? Tentunya bagi Anda yang ingin memenangkan lomba tersebut, Anda bisa memenangkannya dengan mengikuti beberapa tips diatas Anda bisa mendapatkan nasi tumpeng yang enak dan berkualitas dengan mengikuti tips diatas, tentunya dengan mengikuti saran diatas Anda bisa mulai untuk menghias nasi tumpeng agar bisa mendapatkan hasil terbaik dan bisa memenangkan lomba hiasan nasi tumpeng tersebut, tapi untuk Anda yang ingin cara simple untuk mendapatkan nasi tumpeng, Anda bisa dapatkan di Istana Catering yang merupakan penyedia nasi tumpeng terbaik.

Leave a Reply

Close Menu