Liwetan daun pisang di jakarta

Liwetan daun pisang di jakarta

Liwetan daun pisang di jakarta Selain tumpeng Saat ini olahan nasi liwet kembali menjadi idola masyarakat Indonesia, tak terkecuali kaum urban Ibu Kota. Mereka menggemari beramai-ramai, ada juga yang mengatakan bancakan. Ternyata model nasi diolah dengan teknik liwet amat beraneka macam, dua yang amat dikenal ialah nasi liwet solo & nasi liwet bandung maupun nasi liwet khas Sunda. Dimana memiliki cita rasa khas yang etnik sekali.

Liwetan daun pisang di jakarta

“Ngliwet bagi masyarakat Jawa adalah sebuah cara budaya membuat atau memasak beras yang sungguh ‘tua’ usianya. Mengolah dan ngliwet sendiri merupakan teknik memasak nasi dengan cara menggabung beras dan air, bisa air putih bahkan air santan, pada sebuah tempat khusus. Wadah ini bisa ketel, kastrol, atau dandang dan diolah di sana hingga matang, sama seperti cara masak rice cooker di zaman modern. Namun,, ngliwet juga lekat dengan mengikutkan bumbu seperti daun salam dan garam pada nasi juga air yang sedang ditanakkan. Khusus nasi liwet di Sunda juga dimasukkan lauk umpamanya ikan asin ke dalamnya.

Nasi liwet memiliki cita rasa yang unik dengan tambahan ikan asin disukai oleh siapapun. Inilah yang jadi perbedaan antara liwet Sunda juga liwet solo. Terlebih dalam pengolahannya ikan asin dicampur memakai bahan nasi liwet. Untuk mengolah tidak sulit, bahkan dapat menggunakan rice cooker tapi jika anda berharap nasi liwet yang super lezat dapat membelinya di catering kami

Liwetan daun pisang di jakarta

Nasi liwet merupakan bagian santapan yang asalnya dari kawasan jawa barat misalnya Bandung, Bogor, Tasik serta sekitarnya. Kuliner ini dibuat sebagaimana halnya mematangkan nasi putih seperti umumnya yakni beserta dimasak bersama air yang dibutuhkan di dalam rice cooker / majic com kemudian tunggu sampai matang. Tidak sama dengan nasi liwet, dalam memperoleh rasa lezat & gurihnya kita harus mengikutkan bumbu & tambahan ke olahan. Misalnya bawang merah / bawang putih, penyedap, sereh, santan, daun salam, ikan asin atau ebi.

Selain disukai di daerah sunda, nasi liwet juga terkenal di daerah Solo. Oleh karena itu tak aneh lagi jika banyak resep nasi liwet solo yang sliweran pada internet. Antaranya nasi liwet tersebut tidak banyak kualitas rasa yang signifikan. Hanya saja komposisi bumbunya yang sedikit berbeda, akan tetapi mengenai rasanya tetap sama-sama lezat dan enak.

Nasi liwet rata-rata memakai tambahan ikan asin yang dimasukkan sebelum nasi matang. Ikan yang dimanfaatkan umumnya teri, jambal roti, peda, ikan sepat atau sesuai selera yang mengolahnya. Nasi liwet umumnya dihidangkan dengan ikan bakar ataupun sayur asem.

Jika di perhatikan nasi liwet hampir mirip dengan olahan nasi uduk khas betawi atau nasi lemak Malaysia yakni enak, gurih yang lembut dengan warna yang sedikit berminyak. Untuk mendapatkan rasa pedas atas nikmatnya nasi liwet, kita bisa menambahkan beberapa potongan cabai merah dan cabai rawit sesuaidengan takaran.

Anda sedang mencari nasi liwet ? Hubungi kami ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: