Tumpeng nasi kuning ulang tahun

Tumpeng nasi kuning ulang tahun

Tumpeng nasi kuning , atau yang kadangkala dikenal nama lain ‘tumpeng’ saja yakni salahsatu warisan khas nusantara yang hingga kini cukup sering disajikan pada acara dan perayaan baik yang sifatnya simbolis atau upacara khusus. Tumpeng sudah sejak dulu bagian yang tidak asing lagi dalam kehidupan masyarakat Kita, khususnya tatkala merayakan acara juga upacara penting termasuk pada saat ulang tahun, maka tak heran jika cukup banyak juga yang order tumpeng nasi kuning ulang tahun untuk syukuran kecil-kecilan

Akan tetapi akan tetapi sekarang bukan cuma ada di desa, di kota pun ada tumpeng dan biasa di sajikan . Dulu hanya masyarakat di pulau Jawa, Madura serta Bali, saat ini penyajian tumpeng benar menyebar luas ke berbagai penjuru nusantara lainnya bahkan ke mancanegara seperti Malaysia, Singapura sampai Belanda. (dikenal dengan nama yang tak sama tapi bentuknya tentu saja sama).

Sekalipun semua yakin tradisi tumpengan ini memang berasal dari Pulau Jawa, masyarakat yang tinggal di Indonesia telah maklum dan sangat mengenal dengan baik. Makna dan tradisi tumpeng yang biasa dimanfaatkan untuk acara ‘selametan’, mempunyai nilai-nilai yang sifatnya bermakna. Tumpeng terdapat nilai luhur yang natural yang bermakna hubungan antara manusia kepada Tuhan, dengan alam dan sekaligus sesama makhluk.

Tumpeng nasi kuning ulang tahun

Bagaimanapun ulangtahun adalah sesuatu yang sangat spesial, biasanya diperingati secara sederhana jika memang tidak ada pesta. Minimal dengan traktir teman-teman, karena memang ulangtahun adalah hari yang sakral dimana seseorang pada hari itu dilahirkan dan mulai fase kehidupannya di dunia.

Meski secara harfiah makanan Tumpeng nasi kuning ini diartikan sebagai cara mengolah nasi dan juga lauk-pauknya dengan memakai bentuk kerucut; kakrenanya disebut pula ‘nasi tumpeng’. Isian nasi yang dipakai kebanyakan berbentuk nasi kuning, sekalipun sering juga juga digunakan nasi putih biasa maupun nasi uduk. Metode penyajian nasi ini khas Jawa atau pun masyarakat Betawi keturunan Jawa serta kebanyakan ada ketika ada kenduri atau pun perayaan sebuah acara keluarga. Walau demikian, masyarakat Indonesia paham sekali apa tumpengan namun tumpengan syarat dengan nilai luhur, yaitu ungkapan syukur kepada sang pencipta. Dengan tumpengan diharapkan orang yang sedang merayakan ulang tahun, akan semakin berkelimpahan dan berkah hidupnya

Leave a Reply

Close Menu
%d bloggers like this: