Cara Menyimpan Nasi Tumpeng Agar Tidak Basi

Cara Menyimpan Nasi Tumpeng Agar Tidak Basi

Cara Menyimpan Nasi Tumpeng Agar Tidak Basi – Kali ini Istana Catering akan berbagi informasi mengenai cara menyimpan nasi tumpeng agar tidak mudah basi. Perlu untuk diperhatikan agar kandungandan nutrisi pada nasi tersebut agar tetap sehat dan tidak basi. Nasi merupakan makanan pokok bagi masyarakat indonesia. Salah satu jenis nasi yang biasa digunakan dalam beragam acara adalah nasi tumpeng. Sering kali nasi ini basi karena cara penyimpanan yang salah.

Nasi tumpeng merupakan salah satu jenis nasi yang sangat banyak penggemarnya karena rasanya yang gurih dan enak. Ditambah dengan beragam lauk yang menjadi pelengkap, seperti perkedel, tempe orek dan lain sebagainya yang menambah kenikmatan nasi tumpeng. Sebenarnya nasi tumpeng ini bisa dimakan kapan saja. Hanya saja, penyimpanan nasi yang tidak tepat bisa membuat nasi tumpeng ini menjadi mudah basi. Oleh karena itu, perhatikan beberapa hal dibawah ini agar dapat menyimpan nasi tumpeng dengan baik.

4 Cara Menyimpan Nasi Tumpeng Agar Tidak Basi

Cara agar membuat nasi tumpeng tahan lama adalah dengan menetesi campuran dari air dan air jeruk sebelum nasi mulai dimasak. Apakah rasanya akan berubah? Anda tidak perlu khawatir, mekipun nasi tumpeng ditambahkan air jeruk, rasanya tetap sama dan tidak berubah.

  • Cuci beras sampai bersih

Nah berikutnya yang harus menjadi perhatian adalah dalam proses cuci beras. Hal ini sangatlah berpengaruh. Proses pencucian hingga bersih dapat menghindarkan nasi dari kebasian, tapi sayang karena vitaminnya justru akan menghilang. Oleh karena itu, usahakan jika nasi yang dimasak langsung habis dalam satu hari.

  • Jauhi memasak nasi semalaman

Hal ini sering dilakukan oleh banyak orang ketika nasi tidak habis dalam sehari. Terkadang, nasi yang masih sisa banyak sayang untuk dibuang. Setelah memasak, rice cooker beralih fungsi menjadi alat pemanas nasi agar suhu nasi tetap hangat. Meskipun sisa nasi bisa disimpan di rice cooker. Tapi sebenarnya memanaskan nasi di dalam rice cooker semalaman dapat menghilangkan gizi, warna atau rasanya bisa berkurang sehingga mengganggu selera makan kita

  • Bersihkan sisa nasi yang menyebabkan basi

Ketika nasi tidak habis dimakan, maka akan membuat kerak di sekeliling rice cooker. Sisa yang menempel tersebut yang dapat menyebabkan nasi mudah basi. Olehkarena itu, ketika Anda akan menanak nasi, maka pastikan terlebih dulu sudah tidak ada lagi kerak nasi yang menempel. Pastikan juga rice cooker sudah bersih dari semua nasi agar tidak menjadi penyebab nasi mudah basi.

Nah, Cara menyimpan nasi tumpeng agar tidak cepat basi diatas sangatlah membantu kita untuk menghindarkan nasi dari keadaan basi, sehingga masih layak dimakan meskipun itu makanan kemarin. Tapi akan lebih baik jika makanan itu habis dalam sekali makan sehingga tidak tersisa.

Leave a Reply

Close Menu