Macam Macam Tumpeng dan Kegunaannya

Macam Macam Tumpeng dan Kegunaannya

Macam Macam Tumpeng dan Kegunaannya – Kali ini Istana Catering akan membahas beberapa macam tumpeng dengan arti dari penamaan tumpeng tersebut yang tentunya memiliki ciri khas tersendiri dan kegunaannya dalam penyajian dan pembuatan nasi tumpeng tersebut yang tentunya bisa Anda jadikan sebagai salah satu refrensi dalam mengungkapkan keadaan dan suasana dengan menggunakan tumpeng sebagai sarananya

Tumpeng ini sangatlah identik dengan beragam acara penting seperti acara syukuran, acara 17 agustusan dan beragam acara lainnya yang bisa digunakan untuk memeriahkan acara dengan tumpeng yang rasanya enak dan lezat, dan berikut ini adalah beberapa macam tumpeng dan kegunaannya.

Macam Macam Tumpeng dan Kegunaannya – 5 Macam Tumpeng Beserta Kegunaannya

Ada beberapa macam jenis tumpeng yang beragam yang bisa didapatkan dengan beberapa kegunaannya yang bisa Anda dapatkan ulasannya dibawah ini, simak terus selengkapnya dibawah ini.

1. Tumpeng Megana

Yang pertama adalah tumpeng megana yang merupakan salah satu jenis tumpeng yang dibuat untuk merayakan kelahiran, dengan nasi putih yang melambangkan sebagai kesucian dan sayur mayur yang menghiasi nasi tumpeng tersebut sebagai lambang pengharapan doa bagi kehidupan anak kelak.

2. Tumpeng Kapuranto

Berikutnya adalah Tumpeng Kapuranto yang merupakan salah satu jenis tumpeng yang menggunakan nasi dengan warna biru, yang diwarnai dengan daun bunga telang yang menjadikannya berwarna biru. Untuk jenis tumpeng ini biasanya dijadikan lambang permintaan maaf dengan menggunakan tujuh macam lauk sebagai hiasannya.

3. Tumpeng Kendit

Berikutnya adalah Tumpeng Kendit yang merupakan tumpeng dengan warna putih dan warna kuning yang melingkari dua pertiga dari puncaknya. Nah, untuk jenis berikutnya adalah jenis tumpeng yang biasanya disajikan untuk menandakan orang tersebut sudah terbebas dari suatu kesulitan. Biasanya orang yang sudah terbebas dari kesulitan atau musibah membuat tumpeng tersebut sebagai tanda rasa syukur telah terbebas dari kesulitan

4. Tumpeng Asrep Asrepan

Jenis tumpeng ini menggunakan nasi putih dengan sayuran yang direbus yang sayuran ini diletakan di beberapa sisi nasi tumpeng tersebut. Dan biasanya tumpeng ini dibuat dalam rangka bertujuan untuk menginginkan situasi atau kondisi yang tenang. Dengan membuat tumpeng ini orang tersebut membuatnya dalam rangka rasa syukur dan membagikannya dengan cara makan bersama.

5. Tumpeng Tumbuk

Jenis tumpeng ini biasanya disajikan pada saat ulang tahun, biasanya pada saat usia 64 tahun. Orang yang sudah mencapai usia 64 tahun. Jenis tumpeng ini biasanya dihias dengan kepangan kacang panjang dari puncak ke dasar, yang melambangkan umur panjang yang melebihi dari 60 tahun lamanya.

Bagaimana? Kamu ingin mengungkapkan suatu keadaan dengan nasi tumpeng? Nah, berikut diatas adalah jenis-jenis tumpeng yang bisa kamu pelajari dan kamu buat untuk sesuai dengan kondisi dan keadaan kamu saat ini, tentunya kami Istana Catering siap menyediakan yang terbaik buat pelayanan dan pemesanan tumpeng.

Leave a Reply

Close Menu